Fenomena Dino Renteng untuk memprediksi cuaca

Fenomena Dino Renteng untuk memprediksi cuaca. Hujan dan panas adalah dua hal yang sulit untuk di prediksi. Biarpun bisa, tapi kemungkinannya tetap 50%. Bisa jadi beberpa saat yang lalu panas menyenggat tiba-tiba setengah jam kemudian turun hujan deras.

Bagi petani, mengetahui akan turun hujan atau panjang berpanjangan sangat penting. Karena kondisi itu mempengaruhi tanaman pertanian yang di tanamnya. Kadang dianggapnya akan turun hujan, maka di putuskan untuk mulai menanam. Tapi baru beberapa hari tanam, langsung kekeringan karena hujan tidak kunjung datang. Kalau seperti ini kan merepotkan.

Karena itu petani jawa zaman dulu punya patokan. Apaakah dalam seminggu akan turun hujan atau tidak. Yaitu dengan melihat kondisi hari.

Hari yang di lihat bukan sembarang hari, tapi hari yang bertepatan dengan Dino Renteng.

Dalam postingan sebelumnya di sebutkan bahwa dalam sepasar (siklus hari penanggalan jawa) ada 2 kali dino rentang. Yaitu dino renteng 13 dan dino renteng 14. 

Orang Jawa zaman dulu percaya, jika pada hari dino renteng itu dominan turun hujan, maka selama seminggu akan turun hujan terus. Tapi jika di hari dino renteng dominan panas menyengat, maka dalam seminggu cuaca akan panas. 

Sampai sekarang, beberapa orang masih mempercayai fenomena itu dan berharap terjadi. Dengan mempercayai itu, mereka bisa lebih mudah memprediksi apakah minggu ini adalah minggu basah atau minggu kering. Karena basah dan kering bagi petani sangat penting untuk menentukan masa tanam dan masa panen.

Demikian semoga bermanfaat. (Ish)