Cara isi atau bikin laporan SPT pajak Nihil untuk blogger, youtuber dan para pencari kerja.

Cara isi atau bikin SPT pajak Nihil untuk blogger, youtuber dan para pencari kerja. Bulan Januari hingga maret adalah bulan sibuk untuk para pemilik NPWP untuk membuat laporan SPT terutama untuk mereka yang nilai pajaknya nihil. Karena meskipun nihil, tetap harus bikin SPT kalau tidak ingin kena denda.

Cara lapor pajak nihil ini bisa di lakukan secara online maupun datang langsung ke kantor pajak terdekat. Untuk yang ingin lapor SPT pajak nihil online, Portal Fiksi akan berbagi caranya di video tutorial berikut ini.


Untuk bisa bikin SPT online, para pemilik NPWP harus bisa login ke djponline.pajak.go.id. Loginnya bisa menggunakan NPWP atau NIK dan Password. Jika lupa password bisa reset password menggunakan EFIN. Jika belum punya EFIN harus pergi ke KKP terdekat untuk mendapatkan EFIN dan melakukan aktivasi atau membuat akun disitus pakal online.

Setelah login di djponline, segera buat laporan SPT pajak Nihil Anda. Caranya sebagai berikut:

Cara bikin laporan SPT pajak Nihil online

  1. login ke akun DJPOnline.pajak.go.id
  2. klik menu lapor
  3. Pilih opsi "e-Filling"
  4. Klik "Buat SPT"

Setelah itu, isi data Formulir:

  • Pilih tahun pajak, lalu klik selanjutnya.
  • Untuk mendapatkan formulir SPT, jawab beberapa pertanyaan seperti di gambar berikut ini untuk mendapatkan formulir SPT 1770 SS

Setelah mendapatkan formulir SPT 1770 SS, isi formulir sesuai dengan keadaan Anda. Contohnya ada di gambar berikut ini:

Setelah formulir terisi, kirimkan. Untuk bisa mengirim formulir Anda harus meminta kode verifikasi yang akan di kirim Via Email. Setelah kode verifikasi lengkap langsung klik kirim. Maka secara otomatis laporan SPT pajak Nihil Anda sudah terkirim. Tunggu email pemberitahuan dari djponline  bahwa laporan Anda sudah di terima.

Mudah bukan? Selamat Mencoba!